Sri Hastuti, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
WEDANG UWUH  Dalam menjaga  Imun Tubuh (tantangan hari 76)

WEDANG UWUH Dalam menjaga Imun Tubuh (tantangan hari 76)

WEDANG UWUH Dalam menjaga Imun Tubuh

Oleh; Sri Hastuti, M.Pd

Saat pekerjaan menguras tenaga dan fikiran, maka tubuhun nyaris terabaikan. Kita suka lupa dengan kesehatan. Tak peduli akan asupan gizi ataupun kebutuhan tubuh yang lain. Makanan pun tak lagi diperhatikan yang penting kenyang. Dan tantangannya adalah kesehatan masa depan

Tak jarang juga sebagian kita mengonsumsi vitamin tambahan. Tujuannya adalah menjaga agar stamina tetap oke saat menjalankan aktifitas yang sedang padat merayap. Berbagai merek obat yang direkomendasikan teman (dan mungkin juga korban iklan) dianggap mampu menjadi vitamin penambah daya tahan tubuh diminum.

Meminum obat-obatan tanpa rekomendasi ahli tentu akan berdampak bagi tubuh kita. Hal yang dapat kita lakukan untuk menghindarinya adalah mengosumsi minuman yang berbahan baku rempah-rempah yang sudah lama dikosumsi oleh masyarakat Indonesia terutama di Jawa. Salah satu minuman yang dapat dikonsumsi sampai saat ini adalah WEDANG UWUH. Minuman tradisional Jawa yang sudah terpercaya dari jaman leluhur kita.

Uwuh itu dari bahasa jawa artinya sampah, karena isinya dedaunan dan rempah2 yg mirip seperti sampah. Tapi khasiatnya bukan sampah sama sekali. Wedang Uwuh dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti: Melancarkan peredaran darah, Meningkatkan imunitas tubuh, Meredakan flu, batuk, dan masuk angin, Menghilangkan rasa capek, Menyegarkan badan, Memangkas kolestrol, Antioksidan, Meredakan radang, Merelaksasi tubuh, dan masih banyak lagi.

Wedang Uwuh dimulai sejak era Sultan Agung, Raja mataram pergi mencari tempat untuk peristirahatan terakhir keluarganya dengan para pengawalnya. Iapun menemukan tempat di bukit merak, sekarang dikenal dengan pemakaman Imogiri. Sultan Agung telah bertapa sebelum menetapkan tempat tersebut menjadi tempat peristirahatan keluarga raja. Konon malam hari saat bertapa, ia meminta untul dibuatkan minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Saat minuman disajikan dekat pohon tempat Sang Sultan, minuman itu kejatuhan beberapa daun dan ranting pohon. Sang Sultan tidak mengetahui ada daun dan ranting yang masuk ke dalam minuman, Sang Sultan tetap meminum minuman tersebut. Sultan meminta untuk dibuatkan lagi, sehingga pengawal melihat satu persatu isi minuman tersebut”. Itulah sebabnya minuman itu disebut Wedang Uwuh (Wedang = Minum, Uwuh = Sampah) . Namun hingga kini WEDANG UWUH dikenal masyarakat Yogyakarta bahkan Nusantara.

Saat ini saya meminum Wedang Uwuh Danapati yang mengandung 9 rempah-rempah asli Indonesia di dalamnya: Cengkeh, Daun Cengkeh, Daun Pala, Pekak, Secang, Sereh, Lada Hitam, Kayu Manis, Jahe, bonus gula batu di dalamnya. Membuatnya sangat mudah sekali yaitu langsung seduh seperti minum teh, ataupun direbus. Saat sibuk didepan laptop, saya antisipasi dengan meminum wedang Uwuh.

Namun demikian meski sedang sibuk dan dikejar deadline pekerjaan, Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan-makanan yang sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Lengkapi juga dengan minum multivitamin atau minuman herbal untuk menjaga imun tubuh kita.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

YUK MINUM WEDANG UWUH demi kesehatan

Padang, 3 Juli 2020,

#Tagur76

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ehmm...segar dan nikmat lihat gambarnya..makasih artikelnya bu

04 Jul
Balas

Trimaksih info nya Bu....

03 Jul
Balas

Sama-sama bapak

03 Jul



search

New Post